--> Skip to main content

Pengertian Garis Vertikal dan Horizontal

Advertising

Servergambar01 - Garis vertikal dan garis horizontal adalah dua posisi garis yang berbeda berdasarkan sudut pandang permukaan bumi.

Sebuah garis dapat dikatakan horizontal jika garis tersebut mendatar, disisi lain dapat dikatakan vertikal jika garis tersebut berdiri tegak. Untuk mengetahui pengertian dari kedua jenis garis dapat kamu pahami melalui penjelasan dibawah ini

Berikut penjelaskan mengenai garis vertikal dan horizontal.

Garis Vertikal dan Horizontal
Garis Vertikal dan Horizontal




Garis Vertikal

Garis vertikal adalah sebuah garis dengan posisi tegak lurus yang berpatokan terhadap permukaan bumi. Garis vertikal pada koordinat kartesius dapat digambarkan dengan garis yang bentuknya sejajar dengan sumbu y (ordinat).

Saat kita berdiri tegak, hal tersebut dapat disebut posisi vertikal, karena posisinya tegak lurus terhadap permukaan bumi atau berdiri diatas bumi.

Lihat gambar dibawah ini:

Gambar garis vertikal
Gambar garis vertikal

Pada contoh gambar garis vertikal di atas garis AB di koordinat kartesius adalah garis vertikal, itu karena posisinya sejajar dengan sumbu y (ordinat).

Garis Horizontal

Garis horizontal adalah sebuah garis dengan posisi yang mendatar berpatokan dengan permukaan bumi.

Garis horizontal pada koordinat kartesius dapat digambarkan dengan posisi garis yang cenderung sejajar atau berimpit dengan sumbu x (absis). Gambaran garis horizontal ini seperti seseorang yang sedang berbaring tegak.

Lihat gambar dibawah ini:

Gambar garis horizontal
Gambar garis horizontal

Pada contoh gambar garis horizontal di atas garis CD di koordinat kartesius adalah garis horizontal, itu karena posisinya sejajar dengan sumbu x (absis).

Lihat juga: Contoh gambar jaring-jaring balok

Demikianlah rangkuman penjelasan mengenai garis vertikal dan horizontal. Semoga bermanfaat

Advertising